Duta Publik

Kadispenad : TMMD Untuk Perubahan Desa Ke Arah Lebih Baik Dan Bermanfaat

317

dutapublik.com – LABUHAN BATU Pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) adalah upaya, usaha, pekerjaan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh Satuan TNI AD yang berhubungan dengan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan pengakhiran dalam rangka mewujudkan kekuatan ketahanan wilayah aspek Darat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, instansi terkait/stakeholder dan komponen bangsa melalui pembinaan Geo, Demo, dan Komsos guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.

Demikian disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus, saat meninjau lokasi sasaran fisik pembukaan jalan sepanjang 2700 meter x 10 meter di Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kab Labura Sumut. Peninjauan pembukaan jalan dalam program TMMD 110 Kodim 0209/LB tersebut, dengan menerapkan protokol kesehatan memakai masker.

Pati bintang satu yang lahir di Padang Sidempuan ini menambahkan, TMMD juga memperkuat ketahanan wilayah dengan program non fisik yang dilakukan Satgas.

“Lewat TMMD pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) akan kuat dan dengan kuatnya masyarakat tentu ketahanan wilayah juga kuat,” terang Nefra.

Dijelaskannya, bahwa ada program-program Bintahwil di lokasi TMMD, yakni program non fisik seperti penyuluhan Wasbang, Bela Negara dan sosialisasi lainnya serta Kamtibmas yang diisi dengan pihak Kepolisian.

“Kuatnya Bintahwil didukung pihak Kepolisian, Pemda dan masyarakat,” sebutnya.

Nefra juga mengatakan, bahwa kegiatan TMMD yang paling istimewa adalah mewujudkan pembangunan dengan cepat dan hasil yang baik. Dengan waktu sebulan personel Satgas mampu menuntaskan beberapa sasaran fisik, sebagai  contoh  jalan tersebut sekarang sudah bisa dilalui.

“Selama ini masyarakat disini mungkin hanya melihat Babinsa seorang diri, kini ratusan TNI dan Polri hadir disini membangun desanya demi meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Intinya, TMMD membawa perubahan bagi Desa di sini kearah yang lebih baik dan bermanfaat,” terangnya.

Sementara itu, Kades Pematang P. Munthe mengatakan, Desa Pematang memiliki 8 Dusun dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 476 KK. Dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut, kata Kades tentu akses transportasi masyarakat semakin lancar dan menghemat waktu.

“Sebelum ada jalan baru tersebut, waktu untuk ke kota jadi cepat, sebelumnya harus menempuh jarak 10 km untuk ke kota,” ujarnya.

Dikatakannya, TMMD di sini sangat membantu masyarakat, khususnya anak-anak sekolah. Dan dengan adanya jalan baru, sekolah yang ada disini akan bertambah muridnya.

“Sekolah di sini hanya satu, jadi jalan dibangun, siswa tentunya kedepan akan bertambah. Maka itu kami berharap agar sekolah di sini ditambah lagi,” harap Kades.

Dilokasi yang sama, Wakil Bupati Labura H. Samsul Tanjung, S.T., M.H. mengatakan, bahwa Pemda berjanji akan meningkatkan jalan baru yang dibangun Satgas TMMD 110 di Desa Pematang. Terkait dengan dunia pendidikan di Desa Pematang juga akan ditambah.

“Usulan peningkatan jalan dan ditambahnya Sekolah di Desa Pematang akan disampaikan kepada bapak Bupati,” katanya.

Warga setempat Nek Saniya Boru Hasibuan (56), menyampaikan rasa terima kasihnya kepada satgas TMMD, yang telah membuat jalan baru di daerahnya.

“Dari masih gadis sampai nenek-nenek sekarang ini barulah ada jalan di sini, dulunya hanya setapak saja. Terima kasih ya bapak-bapak tentara. Alhamdulilah pak, selain kami memiliki jalan baru, saya dapat penghasilan baru dari bapak-bapak tentara, saya menjual makanan selalu mereka beli, maunya sih tiap hari di sini bapak tentara itu biar saya bisa senang,” ujarnya. (AVID/r)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!