Duta Publik

Polres Karawang Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Dan Beladiri Polri Periode I Tahun 2021

337

dutapublik.com – KARAWANG Jajaran personel Kepolisian Resort (Polres) Karawang, menggelar pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani dan Beladiri Polri Berkala Periode I Tahun 2021, di Stadion Singaperbangsa Karawang, pada Rabu (24/3) pagi.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, melalui Kabag Sumda Polres Karawang Kompol Adi Fauzi menyampaikan, Tes Kesamaptaan tersebut dilaksanakan secara berkala, yakni setiap 6 bulan sekali dalam setiap tahunnya.

“Tes ini dilakukan guna mengetahui kondisi fisik dan kesiapsiagaan dari seluruh Personel anggota Polisi yang ada di Polres Karawang,” ungkapnya kepada wartawan di sela-sela dirinya memantau pelaksanaan tes.

Dikatakannya, tes ini bukan hanya dilakukan oleh jajaran Polres Karawang saja, tapi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Semua anggota Polri pasti di tes setiap 6 bulan sekalinya, guna mengecheck serta melihat kondisi fisik setiap anggota Polri,” katanya.

Mekanisme tes ini, sambung Adi Fauzi, di check berdasarkan usia dari setiap Personel anggota Kepolisian.

“Kalau usianya di atas 40 tahun, kita berikan porsi tes yang berbeda. Jadi, untuk yang usianya 40 tahun ke bawah atau di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan usia-usia tiap Personel, porsi tes-nya pasti jelas berbeda,” jelasnya.

Lanjut Adi Fauzi menyebutkan, untuk jenis Tes Kesamaptaan Jasmani, terbagi menjadi 5 kategori.

“Kategori pertama adalah lari. Personel berlari selama 12 menit dan dilakukan dengan mengelilingi lintasan atletik yang berukuran standard (400 meter),” terangnya.

Kemudian selain lari, sambung Adi Fauzi lagi, ada Push Up, Sit Up, Pull Up atau Chining, dan Shutle Run (lari membentuk angka 8, red).

“Kategori Pull Up ini diperuntukkan bagi anggota Polisi laki-laki dengan cara bergantung pada pegangan tiang vertikal, kemudian dilanjutkan dengan menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang dan kembali turun secara perlahan sampai tangan lurus.”

“Sedangkan kategori Chining, diperuntukkan bagi anggota Polisi Wanita (Polwan) dengan cara berdiri di depan tiang mendatar, kaki tetap menginjak tanah dan tangan memegang pegangan tiang lalu menggerakkan badan ke belakang kemudian tarik badan ke depan (posisi berdiri tegak),” tuturnya.

Dikarenakan wabah pandemi Covid-19, kata Adi Fauzi, pelaksanaan tes yang wajib diikuti oleh seluruh Personel Polres Karawang, terbagi menjadi beberapa sesi bagian.

“Karena ada pandemi, jadi kita bagi-bagi waktunya. Pelaksanaan Tes Kesamaptaan ini, dilaksanakan hingga hari Jum’at (26/03/2021),” sambungnya.

Sedangkan untuk Tes Kesehatan anggota Polri, tambah Adi Fauzi, pelaksanaannya hampir sama dengan Tes Kesamaptaan.

“Tes Kesehatan juga sama, dilaksanakannya secara berkala yakni per 6 bulan sekali. Itu pelaksanaannya dilakukan di Mapolres Karawang dan pelaksanaannya sudah dilakukan kemarin,” tambahnya.

Untuk diketahui bersama, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kata Kesamaptaan berasal dari kata Samapta yang artinya siap siaga. Sedangkan dalam arti luas, Kesamaptaan berarti Kesiapsiagaan dalam segala kondisi. (yayan jintat)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *