Duta Publik

Pri Utami : Pemerintah Harus Perhatikan Potensi Energi Terbarukan Berdasar Keilmuan

416

dutapublik.com – MINAHASA Universitas Gadjah Mada (UGM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sukses menggelar kuliah umum melalui platform zoom meeting, pada Senin (29/3), melalui Chanel UGM  bertajuk Energi Terbarukan Dalam Konteks Geostrategis.

Bertempat di kediaman Kompleks Taman Indah Alm. Dr. Sinyo Harry Sarundajang Desa Tompaso Perlimaan Kawangkoan Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Senin (29/3).

Energi Terbarukan dalam konteks Geostrategis yang dikembangkan Almarhum Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) ini, sebagai lintas disiplin Keilmuan dari Energi Panas Bumi Terbarukan, melihat Tompaso daerah Vulkanik penghasil Panas Bumi yang saat ini dikelola Pemerintah.

“Almarhum. Dr. SHS merupakan pakar Geostrategis di beberapa Provinsi diantaranya Sulut, Maluku dan Maluku Utara sebagai penghasil Energi Terbarukan salah satunya Desa Tompaso,” ujar Ir. Pri Utami, M.Sc., P.hd., Dosen Pakar Panas Bumi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan Peneliti Geostrategis handal UGM saat diwawancarai awak media.

Utami menjelaskan, Di Minahasa sudah dikembangkan Energi Listrik.

“Tanah Minahasa, tidak mengherankan sebagai daerah Vulkanik, sehingga di dalamnya ada Energi Panas Bumi. Nah, yang saat ini sudah dikembangkan Energi Listrik itu ada di sektor Lahendong Tomohon dan sektor Tompaso,” urainya.

Lebih jauh dikatakan Dosen sekaligus Peneliti Panas Bumi ini, Daerah lain dari lengan manifestasi Panas Bumi ada air panasnya, misalnya di Likupang Minut dan Daerah Selatan Bolaang Mongondow, prospek Panas Bumi juga ada di sana yang belum dikembangkan.

“Kiranya ada perhatian dari Pemerintah atas potensi Panas Bumi ini berdasarkan Keilmuan,” tandasnya.

Menambahkan, siapapun yang ada di Pemerintahan khususnya di Provinsi Sulut benar-benar memperhatikan potensi di Daerahnya tersebut, mengikuti jejak seperti Alm. Dr. SHS dari pemikiran yang Brilian tersebut. (Effendy V. Iskandar)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!