Duta Publik

Kainfolahta Lanud Roesmin Nurjadin Hadiri Penobatan Raja Luhak Kepenuhan Ke XVI

37

dutapublik.com, PEKANBARU – Kepala Informasi dan Pengolahan Data (Kainfolahta) Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus Mhd.Zukri, S.Ag., mewakili Komandan Lanud Roesmin Nurjadin menghadiri acara penobatan Tengku Haji Indra Jaya Ibni Tengku Haji Dachlan sebagai Raja Junjungan Adat Luhak Kepenuhan Gelar Yang dipertuan Besar Ke XVI, bertempat di Rumah Godang Raja Luhak Kepenuhan, Senin (5/2/2024).

Penambalan Raja Luhak Kepenuhan Ke XVI tersebut dilakukan oleh Raja Luhak Tambusai Tengku Darmizal Sultan Ahmad dilanjutkan dengan Pemasangan tanda kebesaran Selempang dan dilanjutkan dengan Pemasangan Tanjak oleh Ketua DPH LAMR Prov. Riau Datuk Taufik Ikram Jamil serta Pemasangan Keris oleh Asisten I Sekda Riau H. Zulkifli Syukur.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Danrem 031/WB Brigjen TNI Danny Rakca Andalasawan, S.A.P, M.Han, Asissten I Sekda Provinsi Riau H. Zulkifli Syukur, MA., M.Si, Bupati Rokan Hulu(Rohul) H. Sukiman Datuk Setia Amanah, Ketua DPH LAMR Prov. Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Ketua Umum MKA LAMR Rohul Datuk Seri Dr. Dipendri, S.Pd, M.M., Datuk Tumenggung, Ketua DPH LAMR Rohul H. Zulyadaini Gelar Saudagar Rajo, Serta Raja dari Tambusai dan Datuk Adat Lima Luhak se-Rokan Hulu.

Setelah prosesi penambalan Raja Luhak Kepenuhan, selaku Ketua DPH LAMR Rohul H. Zulyadaini Datuk Saudagar Rajo berpesan semoga Raja yang ditambalkan hari ini dapat sukses dan melihat apa yang dimaksudkan ini serta tau akan tanggung jawabnya sebagai raja adat.

“Sebagai raja yang baru dilantik hari ini tentu memiliki tanggung jawab dan tau akan tugas fungsinya seperti memperbaiki Adap dan Adat khususnya di Luhak Kepenuhan ” jelas Datuk Saudagar Rajo.

Selain dari Pada itu, “Semoga kedepannya lembaga adat Melayu ini bisa berfungsi secara umum untuk menggali, mendalami dan mengembangkan adat budaya Melayu di negeri ini dan menjalankan fungsinya dengan sebaik baiknya” lanjut Datuk Saudagar Rajo

Setelah di nobatkan sebagai Raja Luhak Kepenuhan, Tengku Haji Indra Jaya Ibni Tengku Haji Dachlan dalam langkah awalnya berencana akan merangkul semua keluarga bangsawan serta Ninik-Mamak dan anak-kemenakan Luhak Kepenuhan.

Selain dari pada itu, Sebagai Raja Luhak Kepenuhan dirinya juga akan berupaya mengembalikan hak hak dari luhak Kepenuhan yang diduga telah hilang seperti lahan kawasan luhak Kepenuhan dan akan dikembalikan pada masyarakat luhak Kepenuhan. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!