Duta Publik
       

Sampah Masih Jadi Faktor Penghambat Ketika Musim Bercocok Tanam Di Desa Sumurgede, Berikut Tanggapan Kades

32

dutapublik.com, KARAWANG – Sampah menjadi persoalan serius buat para Petani ketika air yang seharusnya mengalir dengan deras di sungai menjadi terhalang akibat banyaknya sampah-sampah yang berada di aliran sungai yang tentunya ini menjadi hambatan saat para petani akan mulai bercocok tanam. Hal ini juga dialami di Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang di kediamannya, Jumat (5/8/2022).

Asan Permana selaku Kepala Desa Sumurgede mengungkapkan uneg-unegnya. Hal ini dikatakan Asan bahwa perekonomian di desanya bertumpu pada sektor Pertanian yang mana luas area pesawahan sekitar 660 hektar.

“Dimana dengan luas area pesawahan yang ada sebagai pijakan roda ekonomi pedesaan,” ungkapnya.

Ia selaku Kades berharap kepada Pemkab Karawang untuk program-program kedepan lebih khusus memperhatikan ke sektor pertanian karena seringnya gagal panen yang disebabkan faktor utamanya tentang air. 

“Seperti kemarin sore kita disibukan oleh sampah-sampah yang menyumbat derasnya air mengalir ke wilayah kami sehingga kita pemerintah Desa mengangkat dan membersihkan sampah-sampah tersebut seperti ada kasur dan sampah-sampah rumahan,” ujar Asan.

“Aliran sungai Sekunder yang memang desa kami paling ujung sehingga air yang datang sudah kecil dan alirannya terhambat sampah-sampah yang ada di sungai,” tandasnya.

Lanjutnya diharapkan juga asiparasi dewan untuk pokirnya disalurkan ke bidang infrastuktur bisa juga ke pendidikan, pertanian, dan keagamaan. (Bunsal)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!