Duta Publik

PN Jakpus Sosialisasikan Aplikasi E-Berpadu Guna Tingkatkan Kinerja Hakim, Panitera dan Juru Sita

117

dutapublik.com,  JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) melakukan sosialisasi aplikasi sistem elektronik berkas pidana secara terpadu atau e-Berpadu melalui Forum Group Discussion (FGD).

Kegiatan tersebut di buka oleh Wakil Ketua (WKPN Jakpus), Muhammad Arif Nuryanta yang dihadiri oleh Bustamin dan Riskiansyah dari Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) sebagai narasumber serta seluruh Hakim, Panitera Pengganti (PP) dan Juru Sita pada PN Jakpus.

Humas PN Jakpus, Zulkifli Atjo mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja para Hakim, PP dan Juru Sita dalam penanganan perkara tindak pidana umum dan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kegiatan tersebut dilakukan di Aula PN Jakpus pada Rabu, 31 Januari 2024.

e-Berpadu pada intinya memberikan kemudahan bagi Hakim dan Panitera dalam penyelesaian perkara pidana umum maupun tipikor,” Kata Zulkifli di PN Jakpus.

Salah satu narasumber, Bustamin mengatakan, aplikasi e-Berpadu akan terus mengalami pengembangan seiring berjalannya waktu. Sementara disisi lain, proses memeriksa dan memutus perkara harus terus berjalan.

Karena sangat diharapkan kolaborasi antara Hakim, staf Pengadilan, tim teknologi informasi dan semua pihak dalam proses revitalisasi implementasi aplikasi e-Berpadu dengan secara aktif memberikan masukan dan mencari solusi dalam hal terjadi kendala-kendala dalam aplikasi,” Ucap Bustamin.

Ditempat yang sama, Riskiansyah menjelaskan, monitoring dan evaluasi implementasi aplikasi e-Berpadu akan dilakukan setiap bulan.

Selain itu, pembinaan juga akan terus dilakukan guna memastikan para Hakim, PP dan Juru Sita memahami penggunaan aplikasi e-Berpadu dengan efektif.

Pembinaan dan pelatihan akan dilakukan untuk memastikan Hakim, Panitera Pengganti dan Juru Sita memahami perubahan yang terjadi dan dapat menggunakan aplikasi e-Berpadu dengan efektif,” Ungkapnya. (Nando)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!