Duta Publik

Bentuk Penghormatan Bulan Muharram, Kodiklatal Peringati Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M

109

dutapublik.com, SURABAYA – TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 10 Juli 2024 Dalam rangka mengormati datangnya Bulan Muharram, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah/2024 Masehi, bertempat di Masjid Ibadurrahman, Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Rabu (10/07/2024).

Acara Peringatan Tahun Baru Islam yang mengusung tema, “Jadikan Semangat Muharram Untuk Perubahan Yang Lebih Baik Menuju Indonesia Emas 2045”, yang diuraikan secara luas oleh Penceramah Ustadz KH. Dr. Ahmad Muzakky. S. Th.I., Al Hafidz

Dalam sambutannya, Dankodiklatal mengucapkan selamat tahun baru Islam 1446 Hijriah dan selamat memasuki bulan Muharram yang sangat kita hormati, karena termasuk dalam bulan haram selain bulan Dzulqaidah, Dzulhijah dan Rajab.

“Hijrah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam dari Mekkah ke Madinah telah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia. Dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban, ke arah kehidupan yang penuh rahmat ampunan dan kasih sayang. Peristiwa ini ditandai dengan babak baru penanggalan Islam yang ditetapkan oleh Umar Bin Khattab, sehingga setiap tahunnya kita memperingati peristiwa Hijrah sebagai Tahun Baru Islam”, terang Dankodiklatal.

Menurutnya bahwa, teladan yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam kepada kita semua, memberikan inspirasi penting untuk membangun sebuah peradaban baru dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik. Pada tataran individual, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam menegakkan akidah nafsiah yaitu akidah dalam diri setiap insan, bahwa segala sesuatu yang kita rencanakan untuk berubah harus dimulai diri sendiri.

“Demikian pula, dalam pengabdian kita kepada organisasi selama bertugas, harus dimulai dari pribadi sendiri dengan meningkatkan semangat, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme sesuai bidang masing-masing dengan didukung keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai landasan dalam melaksanakan tugas”, tegas Letjen Marinir Nur Alamsyah.

Turut hadir, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Ahmad Fajar, para Direktur, para Komandan Kodik, para Danpuslat, para Komandan Pusdik, para Pejabat Utama (PJU) Kodiklatal lainnya, dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!