Duta Publik

Paguyuban Sundawani DPD Karawang Berikan Santunan Anak Yatim Dan Jompo

426

dutapublik.com – KARAWANG Dalam rangka menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1442 H./2021 M, pengurus paguyuban Sundawani Dewan pimpinan daerah (DPD) Karawang Jawa Barat mengadakan acara santunan yatim piatu sebanyak 85 orang.

Kegiatan santunan dilaksanakan di rumah Ketua DPC Dusun Pasar Anyar RT. 01/01 Desa Medang Asem Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, pada Jum’at (2/4) sore pukul 16.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri pengurus paguyuban sundawani DPD Karawang, Amil, ketua DPC Jayakerta, Maung Geulis dan anggota paguyuban Sundawani Medangasem.

Ketua DPD dalam sambutannya yang diwakili sekjen DPD Muhammad Tabah mengatakan bahwa, kegiatan santunan itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan.

“Saya memang Sundawani, pengurus DPD sudah sepakat pada saat dilahirkan DPD. Program yang paling pertama adalah kita harus memberikan santunan. yang dilaksanakan adalah amanah untuk menyantuni kepada anak yatim piatu dan para jompo,” ucapnya.

Selain menyantuni anak yatim dan jompo, kata Muhammad, program lainnya yaitu mengadakan jumat keliling dan membagikan nasi kotak.

“Dan sekaligus setiap jumat juga kita nanti mengadakan jumat keliling ke tempat-tempat yang dianggap mohon maaf seakan kumuh. kita memberikan kotak-kotak nasi, karena memang itu adalah hak-hak mereka yang kita sampaikan setiap jum’at dan kita sudah masuk kesebelas jum’at sampai saat ini,” katanya.

Masih menurut Muhammad, bahwa  jumat berkah tersebut, merupakan program utama Sundawani.

“Jum’at berkahlah itu salah satu program yang utama prioritas saat bertemu dan kemudian pun juga Sundawani memang adalah bagian dari pada sejawabaratan yang tentunya kita harus menjaga kampung kalau kata bahasa sunda jaga lembur,” terangnya.

Muhammad pun menjelaskan, bahwa Sundawani merupakan Mitra Pemerintahan Desa.

“Kita bermitra dengan Pemerintahan kecil, emerintahan kecil disini adalah tentunya Desa. Di mana Desa ada program apa, nah, Sundawani DPC dan di PAC mohon untuk diikutsertakan dilibatkan dalam pembangunan.”

“Misalkan ada pembangunan apa saja bisa menjadi letonlansir nanti DPC PAC sini, walaupun nanti ada selisih-selisih profit untuk menjadi pengamanan-pengamanan para anggota yg ada di sini,” jelasnya.

Lanjut dia, kegiatan tersebut juga merupakan upaya kepeduliannya untuk generasi yang putus sekolah.

“Mangkanya Sundawani komitmennya harus menyatukan semua unsur, dan berharap dalam kegiatan ini memang yang kita harus tumbuhkan regeneratif, tentunya banyak regenerasi yang putus sekolah atau usia-usia yang tidak bisa masuk lagi untuk diterima salah satu perusahaan-perusahaan, tapi merekakan punya hak hidup.”

“Jadi, program selanjutnya menggali potensi regenerasi untuk bisa meneruskan kesempatan-kesempatan yang ada di wilayah Kabupaten Karawang maupun ditingkat Desa,” tutupnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Mahpudin biasa disapa Mang Kumis, yang mewakili ketua DPC Kecamatan Jayakerta menyampaikan, ucapan terimakasihnya atas santunan yang dilakukan oleh DPD Sundawani.

“Kami sangat berterimakasih kepada beliau, karena sudah peduli sama anak yatim piatu dan fakir miskin. Menjelang bulan suci Ramadhan kita mengadakan kegiatan yaitu santunan anak yatim piatu, yang kebetulan dari DPD Kabupaten Karawang juga hadir serombongan.”

“Dan untuk kedepannya kami ingin antusias lagi seperti ini mengadakan bakti sosial, jangankan anak yatim, ketika ada bencana baik banjir kita harus peduli lah ke masayarakat itu harapan kami kedepan.” terangnya.

Mahpudin pun menegaskan, bahwa dirinya siap untuk membantu masyarakat.

”Kami kalau terjun kelapangan untuk membantu masyarakat yang kebanjiran atau bencana alam kami siap turun kelapangan karena itu udah bidang kami dilapangan,” pungkasnya. (radi)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!