Duta Publik

Ganjar Pranowo Gelar Gebyar Seni Budaya Tradisional Jaran Kepang Dan Serahkan Bantuan Gamelan

24

dutapublik.com, DELI SERDANG – Jaranan atau lazim disebut jaran kepang merupakan salah satu kesenian lokal di Jawa yang memperkaya budaya nasional. Kehadirannya sejak lama menjadi hiburan banyak warga dan menjadi kesenian yang merakyat.

Hingga saat ini seni jaranan masih tampil di tengah-tengah masyarakat Jawa, salah satunya telah tumbuh dan berkembang pesat di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu.(31/1/24)

Pasalnya komunitas warga Jawa yang mengatasnamakan Krida Manunggal Budaya (KMD) yang diketuai oleh Dedi Handoko bersama tiga puluh enam (36) sanggar dan berkolaborasi bersama Tim Sumut Rumah Kita GANJAR – Mahfud MD menggelar ‘Gebyar Seni Budaya Tradisional Jaran Kepang dan Serahkan Bantuan Gamelan’.

Acara yang digelar di Desa Sei Rotan Pasar 14 Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang menghadirkan Ratusan Massa para pendukung GANJAR PRANOWO dan Mahfud MD dengan melakoni langsung Jaran Kepang Massal, dimana diketahui bahwa Bapak Ganjar Pranowo telah diberi gelar Panglima Perang Jaran Kepang oleh para warga Jawa khususnya.

Diketahui pula turut hadir dalam acara tersebut termasuk Sekretaris DPD PDI-P Sumut Drs. Sutarto Msi, yang juga sekaligus anggota DPRD Sumut, Sugianto Makmur Anggota DPR-RI Provinsi Sumut dari Partai PDI-P dan Joko Susilo caleg DPD RI, Doddy Lukas S.Th, MM selaku Ketua Rumah Koalisi Sumatera Utara.

Dalam kata sambutannya Drs.Sutarto Msi, dikatakannya, “Anak-anak muda warga jawa (Gen-z), kita wajib harus melestarikan budaya Tradisional Jaran Kepang di Provinsi Sumut terkhusus di Kabupaten Deli serdang, dan saya siap untuk mendukungnya untuk kedepannya”, ungkapnya.

Kemudian Sugianto Makmur (Caleg PDI-P DPR RI dari Sumut 1) menceritakan tentang bagaimana asal muasal Kabupaten Deliserdang ini dan bercerita terkait begitu besarnya budaya dan pecinta seni di Provinsi Sumatera Utara terlebih lagi dengan digelarnya acara tersebut di Desa Sei Rotan.

Sementara itu Doddy Lukas diungkapkannya di Depan ratusan masa yang hadir dan berantusias tinggi, dikatakannya, “Terimakasih kepada Bapak Ganjar-Mahfud MD yang telah memberikan perhatiannya kepada seluruh sanggar seni yang ada di Kabupaten Deli serdang, dan titip salam kepada Beliau serta mudah-mudahan kita tetap sehat selalu bersama warga Jawa pecinta seni budaya”, ucap Doddy Lukas.

Kegiatan itu terselenggara dengan melibatkan wargane Jawa dan kader PDI Perjuangan di Desa Sei Rotan. Hal itu disampaikan oleh salah satu warga yang turut mengikuti acara tersebut, dengan harapan agar Pak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dapat terus menggelar acara ini serta Puluhan bantuan Gamelan’ tersebut setiap tahunnya serta mengucapkan banyak terimakasih.(Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!