Duta Publik

Dandim 0201/BS Hadiri Upacara Pembukaan Latsitarda Nusantara XLI TA 2021

248

dutapublik.com – MEDAN Kolonel Inf. Agus Setiandar, S.I.P., menghadiri upacara pembukaan Latsitarda Nusantara XLI TA 2021, bertemat di Jl. Pelabuhan I, Kecamatan Medan Belawan, pada Rabu (7/4).

Upacara pembukaan dipimpin Panglima TNI sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Kolonel Pnb Ardi Syahri, S.T., M.M., (alumni AAU 1996) yang juga Danwing Taruna AAU.

Latsitardanus XLI TA 2021 Wilayah Sumut ini melibatkan 1.031 orang. Terdiri dari Taruna Akmil 227 orang, AAL 101 orang, AAU 91 orang, Akpol 283 orang, mahasiswa 100 orang serta 229 orang Pendukung yang merupakan Pengasuh dan Pelatih terdiri dari Dosen Pembimbing serta Pendukung dari Akademi TNI.

Kegiatan yang berlangsung selama 18 hari (7-24 April 2021) ini, mengangkat tema Latsitardanus XLI/2021 Turut Mensukseskan Program Pemerintah Dalam Pencegahan Covid-19 Dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera Utara. Dengan Daerah sasaran meliputi Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kota Tebing tinggi dan Kota Binjai.

Acara pembukaan diawali dengan penekanan tombol sirine oleh Panglima TNI, dilanjutkan penyematan tanda peserta latihan serta penyerahan alat kerja masing-masing kepada Satlak Macan dan Hiu oleh Panglima TNI serta Satlak Elang dan Kijang oleh Kapolri.

Panglima TNI menjelaskan, Latsitardanus XLI/2021 wilayah Sumut ini memiliki makna sangat penting di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional.

Karena itu, Panglima TNI sangat berharap kegiatan Latsitardanus XLI/2021 ini, nantinya bisa mengurangi beban rakyat melalui kerja nyata dan membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Latsitardanus XLI/2021 ini juga, sebagai momentum untuk membangun sinergi TNI-Polri dan masyarakat serta sarana menumbuh kembangkan jiwa kejuangan, cinta tanah air, semangat integrasi dan kerja sama yang saat ini sangat dibutuhkan untuk membangkitkan Nasionalisme membangun Negeri,” urai Panglima TNI.

Oleh karena itu, Panglima TNI menekankan, agar pelaksanaan Latsitardanus XLI/2021 ini benar-benar dimanfaatkan untuk menimba pengalaman serta membangun kerja sama dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional di wilayah Sumatera Utara.

Adapun kegiatan fisik atau karya bakti dalam Latsitardanus XLI/2021 ini, meliputi perbaikan fasilitas umum seperti Rumah Ibadah, Pos Kamling, MCK, RTLH, Pembuatan jalan/Pavingisasi, Pengaspalan jalan, Perbaikan drainase dan lainnya.

Sedangkan kegiatan non fisik yang meliputi riset sosial, penyuluhan tentang pencegahan Covid-19, kesehatan, bahaya narkoba dan promosi Akademi TNI dan Akpol ke sekolah-sekolah.

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumut, Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Bupati dan Walikota serta unsur FKPD yang wilayahnya menjadi daerah sasaran Latsitardanus XLI/2021.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Kepala Staf Angkatan, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, para Gubernur Akademi Angkatan, Gubernur Akademi Kepolisian, para rektor serta pembina dan pelatih yang terlibat dalam Latsitardanus XLI/2021.

Selesai Panglima TNI menyampaikan amanatnya, acara dilanjutkan dengan persembahan tarian delapan etnis Sumut, serta penampilan GS Taruna Angkatan dan Akpol. (AVID/r)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!